Mengapa Sudah Lulus Sekolah Pilot Masih Juga Menganggur?


menyesal aMungkin banyak orang yang mengira bahwa setelah lulus dari sekolah pilot, para lulusan sekolah tersebut bisa langsung mendapatkan pekerjaan di maskapai penerbangan baik di dalam maupun di luar negeri. Hal ini juga didukung oleh informasi tentang adanya kerjasama antara sekolah pilot dengan maskapai penerbangan di Indonesia. Anda bisa cek daftar sekolah pilot di Indonesia yang bekerjasama dengan maskapai penerbangan di berbagai sumber baik online maupun offline. Namun, kebenaran mengenai langsung diterimanya para lulusan sekolah pilot di maskapai penerbangan itu hanyalah isapan jempol semata. Mengapa? Karena di luar sana, masih banya sekali lulusan sekolah penerbangan yang menganggur.

Logika seperti ini, misal dari 10 sekolah pilot meluluskan 250 siswa dalam kurun waktu 1-2 tahun, apakah maskapai penerbangan di Indonesia akan merekrut semua lulusan tersebut? Tentu jawabannya tidak karena maskapai tersebut sudah memiliki banyak staf. Setiap tahunnya mungkin hanya dibutuhkan 1-2 staf baru di setiap maskapai penerbangan. Itu artinya masih ada ratusan lulusan yang akan menganggur dan mencari pekerjaan.

Lalu, selain kebutuhan maskapai penerbangan itu sendiri, apakah ada hal lain yang membuat masih banyaknya lulusan sekolah penerbangan yang menganggur? Jelas jawabannya ada. Untuk mengetahui detailnya, silahkan baca informasi berikut:

Tidak memiliki kondisi tubuh yang sehat lagi

Permasalahan ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Dua diantaranya adalah kelalaian dan lingkungan sosial yang buruk. Di segi kelalaian, bisa dicontohkan dengan kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan cacat permanen atau gangguan pada sistem syaraf sehingga tidak bisa mengikuti tes penerimaan karyawan di maskapai penerbangan lagi. Dari segi lingkungan sosial yang buruk dapat diambil contoh seperti kurangnya menjaga kesehatan tubuh akibat pergaulan bebas. Hal ini membuat lulusan sekolah pilot gemar merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang. Sadari bahwa maskapai penerbangan hanya menerima pelamar kerja yang sehat fisik dan rohaninya. Jika mereka cek kesehatan dan ternyata paru-parunya bermasalah, jelas tim penguji akan segera mencoret nama mereka.

Tidak memiliki kualitas

Hal ini jelas berkaitan erat dengan kemampuan dan pengetahuan. Jika para lulusan sekolah pilot tidak memahami semua materi pelajaran dan pelatihan dengan baik dan benar, tentu saja mereka hanya akan menjadi pelamar kerja yang selalu tersingkir duluan. Untuk menghindari hal ini, para siswa di sekolah pilot diharapkan untuk mengikuti semua pembelajaran dan pelatihan secara maksimal. Jika tidak mengerti, jangan sungkan untuk bertanya kepada para instruktur. Bagi yang baru mau masuk sekolah pilot, pastikan untuk tidak salah pilih sekolah penerbangan. Pastikan untuk memilih sekolah penerbangan ternama dan berkualitas. Di Indonesia sendiri, salah satu sekolah pilot terbaik adalah STPI Curug.

Jika Anda membutuhkan informasi mengenai sekolah penerbangan terbaik di Indonesia, silahkan kunjungi akun fb sekolah-penerbangan.com. Di sana Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tentang kelebihan dan kekurangan sekolah-sekolah penerbangan terbaik di Indonesia baik yang disubsidi oleh pemerintah atau dipegang oleh pihak swasta.

Tidak mampu bersaing dengan para pencari kerja lainnya

Semua lulusan memiliki kemampuan dan pengetahuan yang cukup merata. Ini artinya jika tidak ada nilai tambah yang dapat dibanggakan, besar kemungkinan akan kesulitan bersaing dengan para pencari kerja lainnya. Bagaimana cara mendapatkan nilai tambah? Jawabannya adalah tingkatkan kemampuan dan pengetahuan tentang dunia penerbangan dengan cara mengikuti kursus tambahan, latihan menerbangkan pesawat, latihan menggunakan simulator, dan mengikuti kompetisi atau perlombaan terkait dunia penerbangan.

Syarat-syarat Menjadi Pilot


syarat menjadi pilotDewasa ini, kebutuhan akan pilot terus meningkat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Oleh karena itulah sekolah-sekolah pilot bermunculan mengaku siap mendidik siswa untuk menjadi pilot profesional. Namun, tak sedikit calon siswa yang mendaftar ditolak pihak sekolah karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan. Sangat disayangkan memang, saat negara membutuhkan 800 pilot per tahunnya, sementara putra-putri bangsanya banyak yang tidak lulus tes seleksi. Bahkan, lulusan sekolah pilot pun masih banyak yang menganggur karena tidak memenuhi kualifikasi maskapai penerbangan di Indonesia. Apakah kamu bercita-cita menjadi pilot? Jika iya, kamu harus memenuhi syarat-syarat menjadi pilot di bawah ini:

Memenuhi biaya pendidikan yang mahal

Bagi kamu yang berasal dari keluarga berekonomi menengah, tentu akan mengalami kesulitan untuk membayar biaya pendidikan sekolah pilot yang selangit. Oleh karena itu, kamu harus membuka usaha atau mencari pekerjaan sambil menabung. Bila memiliki aset yang bisa dijadikan agunan, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapat pinjaman dari bank. Tak lupa untuk memilih sekolah pilot murah tapi berkualitas. Kamu juga bisa memilih sekolah pilot yang menjalin kerjasama dengan maskapai untuk mendapatkan potongan harga.

Memiliki fisik yang sehat

Selain menentukan tinggi badan standar untuk calon pilotnya, sekolah pilot pun menginginkan kadet yang sehat jasmani maupun rohani. Jika merasa kurang tinggi, kamu bisa mencoba berolahraga peninggi badan dengan rutin. Tak lupa mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium sebagai penunjang usaha kamu agar mendapatkan hasil yang optimal. Apabila kamu memiliki masalah kesehatan, seperti mata minus lebih dari 3, gigi berlubang, asam urat tinggi, atau penyakit ringan lainnya, segeralah konsultasi ke dokter. Tujuannya agar masalah kesehatan tersebut dapat ditangani dengan pengobatan yang tepat. Lain halnya bila kamu menderita buta warna, epilepsi, sakit jantung, dan mengalami masalah pendengaran, kamu tidak bisa lolos tes kesehatan yang diadakan.


Mempunyai kemampuan berlogika yang tinggi

siswa_cerdas berhitungTidak hanya memperbaiki keadaan fisik, tetapi juga tingkat penalaran logika kamu. Untuk bisa menerbangkan pesawat dengan aman, seorang pilot harus memiliki kemampuan logika berhitung yang tinggi. Agar bisa menguasainya, kamu harus cakap dalam pelajaran matematika dan fisika. Kemampuan berhitung ini akan membantu pilot dalam mengukur jarak antara pesawat yang sedang dikemudikan dengan pesawat lainnya untuk menghindari tabrakan. Jika kamu merasa lemah dalam kedua mata pelajaran tersebut, disarankan untuk mengikuti kursus.

Menguasai bahasa Inggris dengan fasih

Transportasi udara melibatkan dunia internasional. Untuk itu, dalam berkomunikasi di radio, pilot harus fasih berbahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Selama tes seleksi, pihak sekolah mengutamakan penggunaan bahasa Inggris. Dalam proses pelatihannya pun, calon pilot dididik dengan menggunakan bahasa Inggris, baik pengarahan dari instruktur maupun buku panduan penerbangan. Saat harus melaksanakan tugas penerbangannya pun, adakalanya pilot diharuskan untuk menginap di negara tujuan. Apa jadinya bila pilot yang selalu berkeliling dunia tidak bisa berbahasa Inggris, tentu akan menyulitkannya berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. Ikuti kursus bahasa Inggris bila kamu tidak bisa berbahasa Inggris dengan fasih.

Seorang pilot pun dituntut harus memiliki mental yang kuat karena harus mengemban tanggung jawab yang besar, yaitu menjamin keselamatan penumpang selama di udara. Hal ini tentunya telah dibentuk para instruktur dengan sistem pelatihan yang mengutamakan kedisiplinan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para siswa yang bermimpi menjadi pilot. Salam terbang! 🙂