Syarat-syarat Menjadi Pilot


syarat menjadi pilotDewasa ini, kebutuhan akan pilot terus meningkat di berbagai negara, termasuk Indonesia. Oleh karena itulah sekolah-sekolah pilot bermunculan mengaku siap mendidik siswa untuk menjadi pilot profesional. Namun, tak sedikit calon siswa yang mendaftar ditolak pihak sekolah karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan. Sangat disayangkan memang, saat negara membutuhkan 800 pilot per tahunnya, sementara putra-putri bangsanya banyak yang tidak lulus tes seleksi. Bahkan, lulusan sekolah pilot pun masih banyak yang menganggur karena tidak memenuhi kualifikasi maskapai penerbangan di Indonesia. Apakah kamu bercita-cita menjadi pilot? Jika iya, kamu harus memenuhi syarat-syarat menjadi pilot di bawah ini:

Memenuhi biaya pendidikan yang mahal

Bagi kamu yang berasal dari keluarga berekonomi menengah, tentu akan mengalami kesulitan untuk membayar biaya pendidikan sekolah pilot yang selangit. Oleh karena itu, kamu harus membuka usaha atau mencari pekerjaan sambil menabung. Bila memiliki aset yang bisa dijadikan agunan, kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapat pinjaman dari bank. Tak lupa untuk memilih sekolah pilot murah tapi berkualitas. Kamu juga bisa memilih sekolah pilot yang menjalin kerjasama dengan maskapai untuk mendapatkan potongan harga.

Memiliki fisik yang sehat

Selain menentukan tinggi badan standar untuk calon pilotnya, sekolah pilot pun menginginkan kadet yang sehat jasmani maupun rohani. Jika merasa kurang tinggi, kamu bisa mencoba berolahraga peninggi badan dengan rutin. Tak lupa mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi kalsium sebagai penunjang usaha kamu agar mendapatkan hasil yang optimal. Apabila kamu memiliki masalah kesehatan, seperti mata minus lebih dari 3, gigi berlubang, asam urat tinggi, atau penyakit ringan lainnya, segeralah konsultasi ke dokter. Tujuannya agar masalah kesehatan tersebut dapat ditangani dengan pengobatan yang tepat. Lain halnya bila kamu menderita buta warna, epilepsi, sakit jantung, dan mengalami masalah pendengaran, kamu tidak bisa lolos tes kesehatan yang diadakan.


Mempunyai kemampuan berlogika yang tinggi

siswa_cerdas berhitungTidak hanya memperbaiki keadaan fisik, tetapi juga tingkat penalaran logika kamu. Untuk bisa menerbangkan pesawat dengan aman, seorang pilot harus memiliki kemampuan logika berhitung yang tinggi. Agar bisa menguasainya, kamu harus cakap dalam pelajaran matematika dan fisika. Kemampuan berhitung ini akan membantu pilot dalam mengukur jarak antara pesawat yang sedang dikemudikan dengan pesawat lainnya untuk menghindari tabrakan. Jika kamu merasa lemah dalam kedua mata pelajaran tersebut, disarankan untuk mengikuti kursus.

Menguasai bahasa Inggris dengan fasih

Transportasi udara melibatkan dunia internasional. Untuk itu, dalam berkomunikasi di radio, pilot harus fasih berbahasa Inggris sebagai bahasa Internasional. Selama tes seleksi, pihak sekolah mengutamakan penggunaan bahasa Inggris. Dalam proses pelatihannya pun, calon pilot dididik dengan menggunakan bahasa Inggris, baik pengarahan dari instruktur maupun buku panduan penerbangan. Saat harus melaksanakan tugas penerbangannya pun, adakalanya pilot diharuskan untuk menginap di negara tujuan. Apa jadinya bila pilot yang selalu berkeliling dunia tidak bisa berbahasa Inggris, tentu akan menyulitkannya berkomunikasi dengan masyarakat sekitar. Ikuti kursus bahasa Inggris bila kamu tidak bisa berbahasa Inggris dengan fasih.

Seorang pilot pun dituntut harus memiliki mental yang kuat karena harus mengemban tanggung jawab yang besar, yaitu menjamin keselamatan penumpang selama di udara. Hal ini tentunya telah dibentuk para instruktur dengan sistem pelatihan yang mengutamakan kedisiplinan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para siswa yang bermimpi menjadi pilot. Salam terbang! 🙂

Kesalahan-kesalahan Konyol dalam Memilih Sekolah Penerbang


kesalahan konyol memilih sekolah pilotAgar dapat mencapai impiannya menjadi seorang pilot, tak sedikit orang-orang yang melakukan tindakan konyol. Mereka cenderung bersikap ceroboh dalam memilih sekolah pilot. Terbukti dari banyaknya lulusan sekolah pilot yang masih menganggur. Dalam kasus lainnya, banyak orang tua siswa yang tertipu oleh sekolah pilot. Mereka telah membayar uang sekolah dalam jumlah yang besar, sementara anaknya ditelantarkan pihak sekolah. Oleh karena itu, penyelidikan terhadap sekolah pilot harus dilakukan sebelum memutuskan mendaftar. Dari hasil survei yang dilakukan, berikut kesalahan-kesalahan konyol yang kerap dilakukan calon siswa dalam memilih sekolah penerbangan:

Tertipu nama besar sekolah pilot

Tak dapat dipungkiri bila nama besar suatu sekolah terkadang mempengaruhi penilaian seseorang. Ditambah lagi, banyak orang-orang yang beranggapan bahwa sekolah yang menetapkan biaya pendidikan termahal adalah yang terbaik. Bahkan, para orang tua rela membayar biaya sekolah yang mahal dengan keyakinan anaknya akan sukses menjadi pilot bila bersekolah di sekolah pilot ternama yang mahal. Padahal, pada kenyataannya ada beberapa sekolah pilot ternama yang tidak mampu menghasilkan lulusan terbaik. Hal itu dipengaruhi dari bandara yang digunakan sebagai pusat pelatihan berstatus komersil sehingga sulit mendapatkan jam terbang untuk para siswa yang ingin berlatih. Ada dua kemungkinan yang terjadi, siswa lulus dengan lamban atau terjadi manipulasi jam terbang.

Selain itu, tak sedikit sekolah penerbangan ternama yang masih menerapkan kurikulum pelatihan single engine (seharusnya multi engine) sehingga lulusannya tidak menjadi pilot siap pakai.

Tergiur biaya pendidikan yang murah

biaya pendidikan murahBiaya pendidikan sekolah pilot yang mahal, memang menjadi kendala bagi calon siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Oleh karena itu, banyak siswa yang lebih memilih sekolah pilot yang murah, seperti STPI Curug. Namun, sekolah pilot negeri menetapkan proses seleksi yang sangat ketat. Di samping itu, program lisensi yang ditawarkan hanya PPL, CPL, dan IR sehingga siswa masih harus melanjutkan pendidikan di sekolah pilot lain untuk mendapatkan ME. Sementara itu, ada beberapa sekolah pilot yang menyediakan program loan (pinjaman dana pendidikan) untuk siswa melunasi biaya sekolah. Namun, bank yang menyelenggarakan program ini menetapkan bunga yang tinggi sehingga akan memberatkan orang tua untuk melunasi pinjaman setiap bulannya. Untuk itu, bijaklah dalam mencari sekolah pilot murah yang berkualitas.

Terbujuk ajakan teman

Faktanya, banyak siswa yang memutuskan mendaftar di sekolah pilot karena mengikuti temannya. Anak-anak usia sekolah cenderung memiliki pemikiran yang labil sehingga mudah dipengaruhi orang lain, termasuk teman terdekat. Mereka terkadang terlalu mempercayai pilihan temannya dan mengabaikan keinginannya sendiri. Hal ini dibuktikan dari banyaknya jumlah mahasiswa yang merasa frustasi karena salah mengambil jurusan. Salah satu faktor penyebabnya adalah ikut-ikutan teman. Begitupun dalam memilih sekolah pilot, mereka langsung mempercayai rekomendasi dari teman dekatnya tanpa meneliti kebenarannya. Akibatnya, keduanya jatuh ke dalam jurang yang sama. Tertipu sekolah pilot!

Terbuai janji mendapatkan pekerjaan setelah lulus

Ada beberapa sekolah pilot yang bekerjasama dengan maskapai penerbangan. Mereka menjamin semua lulusan akan diterima di maskapai tersebut setelah lulus. Faktanya, masih banyak alumni sekolah pilot tersebut yang menganggur. Hal ini dikarenakan siswa yang tidak memenuhi kualifikasi maskapai tersebut. Sementara itu, untuk memasuki batch khusus tidaklah gampang. Siswa akan menjalani berbagai macam tes yang diadakan pihak sekolah dan maskapai. Bila tidak lulus, hasil akhirnya tentu saja gagal. Jika memutuskan untuk memilih sekolah pilot yang bekerjasama dengan maskapai, sebaiknya terlebih dahulu perbaiki kualitas diri.

Intinya, jangan memilih sekolah pilot tanpa melakukan review terlebih dahulu. Sekolah-Pilot.com akan membantu para calon siswa untuk menemukan sekolah pilot terbaik dengan sistem pengajaran terbaik. Jadilah penerbang tangguh dengan memilih sekolah pilot yang tepat.